August 27, 2008

10 Karakter Unik Konsumen Indonesia

  1. Memiliki memori jangka pendek, maunya mendapatkan produk yang paling menguntungkan dan bisa digapai saat ini. Misalnya, memilih makanan yang enak daripada yang sehat, memilih obat yang cespleng daripada yang aman, dan lebih suka menegak minuman penambah tenaga daripada mengonsumsi vitamin.
  2. Tidak memiliki perencanaan
  3. Suka berkumpul
  4. Umumnya gagap teknologi
  5. Mengutamakan konteks bukan isi
  6. Suka buatan luar negeri, yang dipicu dengan rendahnya nasionalisme dan kualitas produk lokal
  7. Beragama dan suka supranatural
  8. Suka pamer dan gensi yang dipicu oleh budaya feodal dan percaya diri yang rendah
  9. Kekuatan subculture
  10. Rendahnya kesadaran terhadap lingkungan.

(Dari artikel "Tak mudah menaklukkan lidah orang Indonesia" oleh Linda Silitonga di Bisnis Indonesia)

No comments: